kesalahan kata pengantar

Kata Pengantar

Menulis kata pengantar yang baik dan benar merupakan salah satu daya tarik untuk menarik minat membaca lebih lanjut lagi tulisan anda, dari segi fungsi juga merupakan surat personal anda kepada pihak pembaca dalam mempertanggung jawabkan apa yang anda tuliskan, umumnya memceritakan hambatan / kesulitan yang dialami, prosesnya hingga akhirnya selesai, penting untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan tersebut

Kiat untuk menulis pengantar yang selalu menarik perhatian

Apakah Anda berencana untuk menulis pengantar untuk buku atau apakah Anda diminta untuk menulis  pengantar?

secara istilah kata pengantar adalah tulisan singkat yang ditulis oleh penulis, bukan pengantar, yang merupakan pengantar yang ditulis oleh orang lain yang biasanya datang sebelum pengantar.

Jika Anda menulis pengantar untuk orang lain, selamat!  karena berarti Anda telah mencapai sesuatu, tulisan Anda sudah diterbitkan, dan nama Anda sudah terkenal.

Tujuan Anda adalah untuk memperkenalkan karya si penulis ke dunia.

Anda dapat, misalnya, menulis tentang bab dalam buku, review buku secara keseluruhan (dengan asumsi Anda sudah membacanya!), Atau karya penulis pada umumnya.

Jika Anda mengenal penulis secara pribadi, bicarakan hubungan ini, jika tidak, Anda bisa mendiskusikan bagaimana karya penulis telah memengaruhi hidup Anda atau pentingnya pekerjaan yang Anda perkenalkan.

Jika Anda menulis pengantar untuk edisi baru buku, sudah umum untuk membicarakan apa yang berbeda di edisi saat ini.

Jika Anda cukup beruntung bisa menulis pengantar untuk buku klasik yang dirilis ulang, Anda bisa mendiskusikan dampak historis buku tersebut.

Secara keseluruhan, tidak ada aturan keras dan cepat tentang pengantar, jadi ada ruang untuk menjadi kreatif dan bersenang-senang!

Jika Anda menulis pengantar, itu untuk buku Anda sendiri. pengantar, yang termasuk dalam bagian depan buku, adalah kesempatan Anda untuk berbicara langsung kepada pembaca tentang mengapa Anda menulis buku, tentang apa, dan mengapa itu penting.

kata pengantar

Tips Menulis Kata Pengantar Untuk Buku

Banyak buku tidak memerlukannya, terutama karya fiksi, tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana menulis pengantar.

Karena ini merupakan pengantar buku, pengantar harus mencakup informasi tentang buku tersebut. Pertimbangkan untuk menyertakan beberapa atau semua ide berikut:

  1. Diskusikan bagaimana buku itu muncul. Mengapa Anda menulisnya? Mengapa Anda memilih subjek tertentu? Apa motivasi Anda? Anda juga dapat mendiskusikan apa yang menjadi inspirasi Anda (terutama jika itu adalah karya fiksi).
  2. Berikan deskripsi singkat tentang buku, karakter utama, atau tema buku. Memberi cukup untuk membuat pembaca tertarik membaca lebih banyak
  3. Nyatakan tujuan penulisan ini, terutama jika karya itu non-fiksi. Misalnya, jika buku Anda dimaksudkan untuk mengedukasi pembaca tentang ilmuwan Afrika terkenal di abad ke-20, Anda mungkin ingin menyatakan ini di kata pengantar. Anda juga bisa menggambarkan apa yang pembaca dapat harapkan untuk dipelajari dengan membaca buku.
  4. Jelaskan perjalanan menulis buku — apa yang Anda pelajari, bagaimana perasaan Anda, dan setiap wawasan ke dalam situasi kehidupan nyata yang diperoleh melalui penulisan. Anda mungkin juga ingin memasukkan bagaimana Anda berubah sebagai penulis atau sebagai orang selama proses tersebut.
  5. Bicarakan masalah apa pun yang muncul selama penulisan dan bagaimana Anda menghadapi cobaan dan kesengsaraan ini.
    Jika ini adalah buku non-fiksi, diskusikan proses penelitian Anda. Bicara tentang sumber Anda. Mengapa mereka unik? Mengapa biografi khusus Nixon ini, misalnya, istimewa dibandingkan dengan yang lain?
  6. Sertakan ucapan terima kasih. Berterimakasihlah kepada orang-orang yang berperan dalam penulisan buku Anda. Bergantung pada tingkat formalitas penulisan, ini bisa berkisar dari kolega hingga editor hingga anggota keluarga.
  7. Bicaralah tentang berapa lama Anda menulis buku, jika itu relevan. Misalnya, jika Anda telah meneliti dan menulis buku selama 10 tahun, Anda mungkin ingin menyebutkan fakta ini untuk memberi pembaca gagasan tentang pemikiran dan upaya yang Anda lakukan dalam proyek tersebut.
  8. Sertakan saran tentang cara membaca buku jika ada struktur khusus.
    Jangan lupa untuk mengirimkannya untuk cek tata bahasa.
  9. Ingatlah untuk selalu singkat! Anda tidak ingin kata pengantar berlarut-larut. Aturan yang baik adalah mencoba menyimpannya di satu halaman, dua di maksimum, dan pastikan itu bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jika Anda ingin seseorang melihat kata pengantar Anda, editor buku kami akan lebih dari bersedia untuk membantu.

Apa Bedanya Dengan Halaman Depan Lainnya ?

berbeda karena halaman depan membahas inspirasi, penulisan, dan penerbitan buku. Perkenalan semata-mata tentang konten (tema, karakter). Kata pengantar adalah esai yang ditulis oleh penulis / penulis lain tentang buku dan pengarangnya. Prolog adalah bagian dari cerita dan terdiri dari satu teama atau beberapa tema yang berkaitan dengan plot.

 

Cara Menulis Kata Pengantar untuk Buku Anda
Ini seharusnya mudah setelah menulis buku! Bagian halaman depan ini bisa sesingkat atau selama Anda suka. Ini adalah tempat untuk jujur dan terbuka dengan pembaca Anda tentang penulisan buku – baik itu novel fiksi, roman atau biografi seseorang. Dengan minat pada buku, muncul minat pada penulis dan bagaimana mereka menciptakan karya, sehingga pembaca secara alami tertarik pada kata pengantar.

 

sample kata pengantar disertasi

kata pengantarContoh menunjukkan seperti apa kata pengantar untuk disertasi. Pedoman dasar untuk menulis kata pengantar semuanya telah diikuti.

Di kata pengantar, Anda dapat menceritakan tentang pengalaman Anda dalam menulis disertasi dan berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantu Anda. sudut orang pertama “saya” biasanya digunakan, seperti dalam contoh ini. Caranya adalah dengan menulis kata pengantar dengan gaya yang personal namun tetap profesional.

 

sample kata pengantar disertasi

Di hadapan Anda terdapat disertasi “Komunikasi Korporat: Apa itu?”, Yang dasarnya adalah survei komunikasi korporat yang dilakukan di antara beberapa kota. Itu telah ditulis untuk memenuhi persyaratan kelulusan dari Program Komunikasi . Saya terlibat dalam penelitian dan penulisan disertasi ini dari Januari hingga Juni 2012.

Proyek ini dilakukan atas permintaan … ., di mana saya melakukan magang. Pertanyaan penelitian saya dirumuskan bersama dengan penyelia saya, …. . Penelitian itu sulit, tetapi melakukan penyelidikan ekstensif telah memungkinkan saya untuk menjawab pertanyaan yang kami identifikasi. Untungnya, …. dan tutor saya dari …. , selalu ada dan bersedia menjawab pertanyaan saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan pembimbing saya untuk bimbingan dan dukungan yang sangat baik selama proses ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua responden, tanpa kerjasama yang saya tidak akan mampu melakukan analisis ini.

Kepada kolega saya yang lain di ….  Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama Anda yang luar biasa juga. Itu selalu membantu untuk menemukan ide tentang penelitian saya di sekitar dengan Anda. Saya juga mendapat manfaat dari mendiskusikan masalah dengan teman dan keluarga saya. Jika saya kehilangan semangat, Anda membuat saya termotivasi. Orang tua saya wajib mendapatkan ucapan terima kasih khusus: nasihat bijak dan kata-kata baik nya, seperti biasa, telah membantu saya dengan baik.

Saya harap Anda menikmati bacaan Anda.

error: .